-ketika MIMPI menjadi NYATA-

Game 1 • Day #1

GAME 1

Komunikasi Produktif

DAY#1

Komunikasi Produktif  dg Anak

1496677489445.jpg

Poin yang ingin saya latih adalah poin mengendalikan intonasi suara & nada ramah. Ketika berfokus pada poin ini, saya jadi berpikir sebelum berucap. Tidak asal bunyi seperti sebelumnya. Dan ternyata ketika melatih intonasi suara & nada, berdampak juga pada emosi yang bisa lebih terkendali.

Ketika anak menguji konsistensi orangtua (baca: “sedikit berulah”), kadang kesabaran diuji. Dan jika kita merespon reaktif, maka kecenderungannya kita akan menyahut dengan nada tinggi dan memarahi.

Namun jika kita merespon dengan proaktif, kita bisa memikirkan intonasi yang sekiranya tidak menyakiti dan tidak menyudutkan anak.

 

P.S.

Sikap reaktif adalah sikap seseorang yang gagal membuat pilihan respon ketika mendapatkan rangsangan (stimulus).

Sikap proaktif bertolak belakang dengan reaktif. Bila reaktif tidak mampu memilih respon atau tanggapan, bersikap langsung menyerang tanpa pikir panjang,  maka proaktif adalah kemampuan seseorang untuk memilih respon. Sikap proaktif adalah sikap seseorang yang mampu membuat pilihan dikala mendapatkan rangsangan (stimulus).

 

Komunikasi Produktif dg Orang Dewasa

1496681152681.jpg

Poin yang ingin saya latih adalah kaidah 2C atau Clear and Clarify. Di hari pertama ini saya berlatih dalam berkomunikasi dengan khadimat atau asisten rumah tangga. Dimana sudah pasti FoR dan FoE sangat jauh berbeda.

Sebelum-sebelumnya saya sering merasa jengkel sendiri, karena menganggap bahwa ART kami kurang bisa melakukan instruksi dengan baik. Saya merasa bahwa apa yang saya katakan sudah cukup jelas, dan saya berasumsi bahwa yang diajak berbicara mengerti apa maksud saya. Namun sayangnya tidak seperti itu. Yang sering bikin baper adalah saya merasa “Duh, aku lho bisa ngerjain itu sendiri dg lebih sempurna. Tapi masa iya semua harus kukerjakan sendiri”.

Karena memang hubungam antara majikan dan asisten sesungguhnya adalah sismbiosis mutualisme, dimana asisten membutuhkan pekerjaan dan uang tapi kelebihan waktu dan tenaga. Sementara majikan kekurngan waktu dan membutuhkan tenaga tambahan, oleh karena itu merekrut asisten. Hehehe

Dan seyogyanya, di jaman sekarang —dimana mencari asisten itu sudah seperti mencari jodoh, bikin baper dan bikin galau, dan tak jarang banyak yg suka PHP, duh komplit dah— maka jika sudah menemukan asisten yang lumayan kooperatif dan klik di hati, kita harus menjaga hubungan baik supaya gak bertepuk sebelah tangan. Dimulai dari membangun komunikasi yang produktif dan efektif.

Contohnya seperti pagi ini. Calon cucian sudah siap di keranjang baju kotor. Sementara ada sajadah saya taruh diatas tutup keranjang cucian, sengaja tidak saya masukkan kedalam keranjang. Maksud saya adalah supaya tidak dicampur menggunakan mesin cuci. Sy pisahkan spy dicuci dg tangan agar kain sajadah tidak rusak. Nah, sy berasumsi ART mengerti maksud saya. Tapi ternyata tidak. Ketika mulai mencuci kebetulan sy sedang mandi, shg blm sempat mendeklarasikan instruksi. Untung mesin cuci baru nyala beberapa menit. Dan ketika sy melihat keranjang cucian sudah kosong, termasuk sajadah diatas keranjang tidak ada. Sy pause mesin cuci dan ulalaa…ternyata sajadah ada di paling bawah mesin cuci. Saya keluarkan kembali. Lalu saya menjelaskan kepada khadimat mengapa saya keluarkan lagi dan bagaimana seharusnya. Krn jika sy tdk melakukan klarifikasi, khadimat tdk akan mengerti apa maksud saya, dan cenderung akan terulang di kemudian hari.

——-

#level1

#day1

#tantangan10hari

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip

Advertisements

Bisnis Modal Kecil

Bisnis Modal Kecil

Pendapatan bulanan sampai jutaan rupiah perbulan
dengan modal sangat minimal.

Modalnya hanya:
komputer, fax, koneksi internet, daaan �
modal dana awal yang relatif kecil untuk bergabung dan untuk promosi online.

Anda setiap bulan beli sabun? shampoo? deodorant dll?
Jika ya, maka tidak ada modal bulanan tambahan untuk tutup poin.
Anda cukup mengalihkan belanja bulanan anda ke produk-produk Oriflame.

Melalui internet pula Anda dapat dengan mudah mengembangkan bisnis ini, membangun jaringan ke luar kota bahkan ke luar negri, sehingga pasar anda menjadi sangat luas hanya dengan menggunakan koneksi internet.

Buruan intip yuuukkk…….

www.kalinggashop.tk

Semakin Banyak Orang Berbisnis dan Bekerja Dari Rumah!!

  • Penghasilan tambahan
  • Penghasilan utama
  • Fleksibel mengatur waktu bekerja
  • Tabungan masa depan

Bukanlah hal yang mudah 😉
Apalagi untuk Anda yang masih bekerja kantoran.

Waktu habis untuk ngantor? Meeting? Capek di jalan? Tidak punya modal?

Hanya di jaringan ini Anda bisa mulai membangun bisnis dengan segala keterbatasan diatas!

Bisnis dengan modal awal pendaftaran Rp.39.900,- saja Untuk menghasilkan jutaan rupiah per bulan??

Belum banyak bisnis yang dikhususkan untuk Anda yang ingin dapat produktif MENGHASILKAN UANG untuk membantu keuangan keluarga sambil tetap menjalankan peran sebagai ayah, suami, istri, ibu, anak, atau bahkan mahasiswa yang menginginkan penghasilan sendiri!

Betul kan?

Namun…
BUKAN hal yang mustahil !

Miliki Bisnis Sendiri dengan Pemanfaatan Internet dan…
dengan mengalihkan sejumlah belanja bulanan Anda
pada produk yang dijual !!

Kerja di Rumah Bersama dBC Network

Ketika Mimpi Menjadi Nyata

Saat ini sedang berjuang untuk segera keluar dari zona tidak nyaman. Berjuang untuk segera menyelesaikan tahap ini, tahap yang memang harus dilewati, untuk menuju ke tahap selanjutnya. Ingin segera mewujudkan mimpi itu, mewujudkan doa di Tanah Suci itu. Ingin menjadi seorang perempuan yang dewasa dalam berpikir, dan segera menjalani hidup dengannya.

Badai pasti berlalu.

Semoga Allah SWT senantiasa memberi petunjuk, kemudahan, kelancaran, serta rahmat dan hidayah dalam setiap langkahku. Amin… 😉

💡

Welcome 2010!

Selamat Tahun Baru 2010!

Tahun baru…

Semangat baru…

Target baru…

Harapan baru….

Semoga cita dan cinta dapat terkabul di tahun baru ini.

Keep fighting!!!

The End of 2009

well, hari ini malem taun baru. U know what??? Aku lagi dikamar kost. sendirian. tp untung barusan udah ada temenku 2 orang yang dateng, jadi gak terlalu sepi. malem taon baru, penuh dengan tugas dan revisi. oh my God!

bulan di luar tadi kayaknya bagus. buler mungkin. tp kok gludug ya. wah, yang lagi pada ngrayain taun baruan di jalan2 kudu siap2 kehujanan tuh.

New year…

new spirit…

Can I????

semoga besaok menjadi awal yang baik untuk 2010. semoga kesuksesan selalu menyertai.

semangat jalani hidup ini Fitria Lusianik!!

kamu pasti bisa meraih cita-citamu!!

October 3rd, 2008

Happy 20th anniversary to me!!!

Tag Cloud